Pages

Sabtu, 03 November 2012

Proposal Pembuatan Website Pelayanan dan Pendaftaran Secara Online 2012


A.   LATAR BELAKANG
Kebutuhan informasi dewasa ini semakin meningkat, kemudahan dalam  mengakses informasi mutlak diperlukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik  kepada konsumen yang membutuhkan. Tuntutan pelayanan informasi dan pengelolahan  informasi secara terintegrasi menjadi sangat penting di setiap lembaga, termasuk di suatu rumah sakit.
Pengolahan data secara tradisional menjadi tidak efektif karena semakain banyak  data yang harus diolah dan tuntutan dalam kemudahan mengakses suatu data atau  informasi yang dibutuhkan.
Tuntutan kemudahan dalam pelayanan informasi pada rumah sakit semakin  meningkat, seperti kemudahan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan oleh pasien  dan kemudahan dalam berbagai tindakan lainnya seperti pendaftaran rawat jalan, cek up  maupun konsultasi yang memerlukan pengolahan data lebih baik.
Pelayanan informasi secara online mulai diminati banyak pihak, karena dapat meningkatkan pelayanan informasi yang lebih baik di mana informasi dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas ruang dan waktu.
Saat ini sudah banyak aplikasi dan bahasa pemrograman yang dapat digunakan  untuk membuat suatu aplikasi atau halaman pelayanan informasi secara online. PHP dan MySql adalah salah satu aplikasi yang umum digunakan untuk membuat suatu halaman. PHP dan SQL banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini bersifat open source  dan dapat diaplikasikan dengan bahasa pemrograman lainnya yang menunjang desain  user interface yang bagus dan user friendly.
Dilatar belakangi kasus diatas, diperlukan suatu sistem aplikasi yang mendukung  kegiatan rumah sakit dalam penanganan data pasien yang bertujuan untuk mempermudah pengaksesan informasi dan mengefisiensikan waktu pada saat penanganan data pasien.
Pengolahan data secara modern mutlak diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan pengolahan data yang lebih baik dan kemudahan pengaksesan data yang lebih cepat.
Hal ini sangat menguntungkan karena dapat menguruangi data rangkap dan memudahkan dalam pencarian data.  Atas dasar di atas pula aplikasi pelayanan data online ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan untuk mengelola databasenya digunakan bahasa pemrograman SQL, serta beberapa aplikasi seperti AJAX, CSS dan HTML untuk menunjang user
interface yang user friendly. Untuk menunjang penggunaan bahasa pemrograman PHP dan SQL digunakan server lokal XAMPP.

B.    RUANG LINGKUP PROYEK SISTEM
Proyek pembuatan website pelayanan dan pendaftaran secara online untuk rumah sakit yang akan dikembangkan memiliki beberapa runag lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
1. Menganalisis dan meneliti prosedur-prosedur yang berhubungan dengan pendaftaran dan pelayanan rumah sakit.
2. Mendesain dan membuat website yang diperlukan .
3. Menganalisis teknologi yang dibutuhkan guna mendukung website pelayanan dan pendaftaran online rumah sakit
4. Mengimplemantasikan website rumah sakit.
5. Menerapkan dan melakukan percobaan website secara memuaskan hingga efektif dan berjalan.

C.   MANFAAT PENGEMBANGAN SISTEM
Manfaat dari pembuatan website pelayanan dan pendaftaran secara online ini adalah sebagai berikut:
1. memberikan pelayanan informasi data pasien kepada pasien secara cepat dan mudah.
2. memberikan kemudahan kepada pasien agar pasien dapat mendaftar secara cepat tanpa mengantri.
3. memberikan kemudahan kepada dokter untuk melihat rekap medis pasien secara mudah. 

0 komentar:

Posting Komentar