Pages

Senin, 05 November 2012

BAB II - ANALISA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) MENGGUNAKAN DRUPAL BERBASIS WEB PADA DIREKTORAT PENGEMBANGAN INDUSTRI PERFILMAN


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1       Definisi Sistem,Informasi,dan Sistem Informasi
            2.1.1    Definisi Sistem
Suatu sistem sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan atau instansi pemerintahan , karena sistem dapat menunjang terhadap kinerja perusahaan atau instansi pemerintah , baik yang berskala kecil maupun besar. Supaya dapat berjalan dengan baik diperlukan kerjasama diantara unsur-unsur yang terkait dalam sistem tersebut.x
Menurut Jogiyanto (2005,h. 1), Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
Suatu sistem pada dasarnya adalah sekolompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama - sama untuk mencapai tujuan tertentu.


2.1.2    Definisi Informasi
Secara Etimologi, Informasi berasal dari bahasa Perancis kuno ‘informacion’ (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin ‘informationem’ yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari ‘informare’ yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”.
Informasi adalah data yang telah diproses dan memiliki arti atau manfaat bagi penggunanya. Informasi sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu organisasi sangatlah penting karena informasi merupakan landasan untuk mengambil suatu keputusan dan data merupakan sumber dari informasi.
Konsep dasar informasi menurut Jogiyanto (2005,h 8) adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan penting bagi yang menerimanya.

2.1.3    Definisi Sistem Informasi
Informasi diperoleh dari sistem informasi (information system) atau processing system. Sistem informasi menurut Robert A Letch dan K. Roscoe Davis, disadur oleh Jogiyanto (2005 : 11) :
“Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan”.
Dari pengertian diatas, sistem informasi dapat didefinisikan pula sebagai suatu kesatuan dari berbagai bagian atau elemen-elemen atau subsistem-subsistem yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Menurut Jogiyanto (2005 ,h 12), dalam buku Analisis Dan Desain, John Burch dan Gary Grudnitski mengemukakan bahwa sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebutnya dengan istilah blok bangunan (building block), yaitu :
1.         Blok Masukan (Input Block)
Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi, input disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
2.         Blok Model (Model Block)
Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3.         Blok Keluaran (Output Block)
Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4.         Blok Teknologi (Technology Block)
Teknologi merupakan Toolbox dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
5.         Blok Basis Data (Database Block)
Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan di dalam basis data untuk keperluan penyedian informasi lebih lanjut.

6.         Blok Kendali (Controls Block)
Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti misalnya bencana alam, api, temperature, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, kesalahan-kesalahan, tidak efisien, sabotase dan sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

2.2       Konsep Pemrograman Berbasis Web
2.2.1    PHP
Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page tools,  yang berguna untuk memonitor pengunjung suatu web. PHP mula-mula dikembangkan oleh Rasmus Lerdofr. Istilah PHP kemudian mengacu pada Hypertext Preprocessor.    
PHP kemudian lebih dikembangkan untuk membangun aplikasi web yang mendukung database. Biasanya dipasangkan dengan Mysql.
Menurut Swastika (2006), PHP merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses di server. Hasilnya akan dikirimkan ke client, tempat pemakai menggunakan browser.
Cara penulisan script PHP ada dua macam, yaitu :
1.      Embedded Script yaitu meletakkan tag PHP    di     antara tag-tag HTML. Contoh Embedded Script, yaitu:
<html>
<body>
<?php echo “Belajar”;
?>      
</body>
</html>
2.      Non Embedded Script yaitu semua script html  diletakkan di dalam script PHP. Contoh Non Embedded Script ,yaitu:
<?php
echo “<html>” ;
echo “<body>” ;
echo “Belajar PHP” ;
echo “</body>” ;
echo “</html>”;
?>
           
2.2.2    HTML           
Menurut Qcollege (2004 ,h 1), HTML adalah bahasa standar penulisan dokumen web. Semua informasi yang akan diletakkan di web menggunakan format penulisan HTML. File HTML adalah file teks yang dilengkapi simbol-simbol untuk keperluan display. Simbol-simbol tadi disebut tag. HTML kependekan dari Hyper Text Markup languange. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Dokumen ini dikenal sebagai webpage. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi informasi ataupun interface aplikasi di dalam internet.
Kode HTML tersebut harus terletak di antara tag kontainer. Yaitu diawali dengan nama tag dan diakhiri dengan namatag (terdapat tanda "/")
Dokumen HTML mempunyai tiga buah tag utama yang membentuk struktur dari dokumen tersebut. Ketiga buah Tag tersebut adalah:
1.               Tag HTML      : Sebagai tanda awal dokumen HTML.
2.               Head               : Sebagai informasi page header. Di dalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag TITLE, BASE, ISINDEX, LINK, SCRIPT, STYLE & META.
3.               Body               : Di dalam tag ini bisa diletakkan berbagai atribut halaman seperti warna latar belakang, warna teks, warna link, warna visited link, warna active link dan lain-lain. Contoh atribut : BGCOLOR, BACKGROUND, TEXT, LINK, VLINK, ALINK dan lainnya.

2.2.3                                 SQL
SQL adalah kependekan dari Structured Query Language yaitu bahasa yang dirancang khusus untuk komunikasi dengan database. Tidak seperti bahasa-bahasa lainnya (seperti bahasa C, basic, pascal atau bahasa pemprograman yang lain) ,bahasa SQL sengaja di rancang untuk melakukan hal secara sederhana dan efisien untuk membaca dan menulis data dari suatu database.
Statemen SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti melakukan update terhadap database, atau mengambil data dari sebuah database.Terdapat beberapa bahasa  SQL Dasar , yaitu:
a.       Membuat Database
                                    CREATE DATABASE  nama_database;
b.      Membuat Tabel
CREATE TABLE nama_table (nama_field1 tipe_data1,…..);
c.       Menambah Data
INSERT  INTO  nama_tabel (field1, field2, …, field_n) VALUES (nilai_field1,  …, nilai_n) WHERE kondisi;
d.      Menghapus Data
                                         DELETE FROM nama_tabel;

2.3       Konsep Pemodelan Sistem
Unfied Modelling Language (UML) menurut Martin Fowler (2005,h 1) adalah keluarga notasi grafis yang didukung oleh meta-model tunggal, yang membantu pendeskripsian dan desain sistem perangkat lunak, khususnya sistem yang dibangun menggunakan pemrograman berorientasi objek . UML merupakan standar yang relatif terbuka yang dikontrol oleh Object Management Company (OMG), sebuah konsorsium terbuka yang terdiri dari banyak perusahaan.
Pemodelan dengan UML terdiri dari 8 tipe diagram yang berbeda untuk memodelkan sistem perangkat lunak. Masing-masing diagram UML didesain untuk menunjukkan satu sisi dari bermacam-macam sudut pandang (perspektif) dan terdiri dari tingkat abstraksi yang berbeda.
Pemodelan UML  yang digunakan dalam pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian(SIMPEG ),yaitu:
2.3.1    Use Case Diagram
Use Case menurut Martin Fowler (2005,h  141) adalah teknik untuk merekam persyaratan fungsional sebuah sistem. Use Case mendeskripsikan interaksi tipikal antara para pengguna sistem dengan sistem itu sendiri, dengan memberi sebuah narasi tentang bagaimana sistem tersebut digunakan. Use Case Diagram menampilkan aktor mana yang menggunakan use case mana, uses case mana yang memasukkan use case lain dan hubungan antara aktor dan use case.
Tabel 2.1 Notasi Use Case Model

2.3.2    Activity Diagram
Activity diagram menurut Martin Fowler (2005,h 163) adalah teknik untuk menggambarkan logika prosedural, proses bisnis, dan jalur kerja. Dalam beberapa hal, activity diagram memainkan peran mirip diagram alir, tetapi perbedaan prinsip antara notasi diagram alir adalah activity diagram mendukung behavior paralel. Node pada sebuah activity diagram disebut sebagai action, sehingga diagram tersebut menampilkan sebuah activity yang tersusun dari action.
Tabel 2.2  Simbol Activity Diagram
Simbol
Keterangan
Titik Awal
Titik Akhir
Activity
Pilihan untuk pengambilan keputusan
Fork; Untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan secara paralel
Rake; menunjukkan adanya dekomposisi
Tanda Waktu
Tanda Penerimaan
Aliran Akhir (Flow Final)



2.4              Perangkat Lunak yang Digunakan
2.4.1    XAMPP 1.7.3
XAMPP adalah sebuah paket web server yang gratis dan open source cross platform yang di dalamnya terdapat Apache HTTP Server, MySQL Database, dan phpMyAdmin. XAMPP juga dapat berjalan pada Sistem Operasi Linux, Mocrosoft Windows, Solaris dan Mac OSX.

Gambar 2.1 Tampilan XAMPP


                        2.4.1.1 phpMyAdmin

            phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang         ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL. phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain
phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada di komputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin. phpMyAdmin memiliki beberapa menu,antara lain:
1.                  Browse, untuk melihat data tabel.
2.                  Structure, untuk melihat struktur tabel.
3.                  SQL, untuk mengeksekusi perintah SQL.
4.                  Search, untuk melakukan pencarian data dalam record.
5.                  Insert, untuk menambahkan data (record) baru.
6.                  Export, untuk mengeksport record dan tabel ke dalam format lain.
7.                  Import, untuk mengimport data dari hasil eksport.
8.                  Operations, untuk operasi dalam tabel.
9.                  Empty, untuk mengosongkan tabel.
10.              Drop, untuk menghapus tabel beserta isinya.

                        2.4.1.2 MYSQL                         
MySQL adalah salah satu jenis database server yang sangat terkenal. Kepopulerannya disebabkan MySQL menggunkaan SQL sebagai bahasa dasar untuk mengakses databasenya. Selain itu bersifat free (tidak perlu membayar untuk menggunakannya).MySQL termasuk jenis RDBMS (Relational Database Management System).
Itulah sebabnya istilah seperti tabel, baris, dan kolom digunakan pada MySQL. Pada MySQL, sebuah database mengandung satu atau sejumlah tabel.
2.4.1.3 Apache
Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini mengunakan HTTP.
2.4.2    Drupal 6.25
Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.
Dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, Drupal dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite,MariaDB dan juga MsSQL. Web server yang mendukung diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-platform seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan FreeBSD.

Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur, mengelola dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website. Fitur Unggulan yang terdapat di dalam Drupal,antara lain:

1.              CMS (Content Management Systems) Sistem Manajemen Konten.
2.              Blog pengguna tunggal dan pengguna jamak.
3.              Multi situs hanya dengan satu instalasi.
4.              Konten Multimedia.
5.              Mendukung banyak jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MsSQL dan MariaDB
6.              Bisa dipasang dengan webserver Apache, Nginx, IIS dan Lighttpd
Description: Description: Drupal Web host
Gambar 2.2  Logo Drupal

2.4.3             Enterprise Architect 7.5

Enterprise Architect merupakan perangkat lunak yang direkayasa oleh Sparx Systems yang memili fungsi untuk memudahkan pembuatan berbagai  pemodelan dalam  UML (Unified Modelling Language).

Description: Description: New Picture (10)

Gambar 2.3 Tampilan Enterprise Architect 7.5

0 komentar:

Posting Komentar