Pages

Senin, 05 November 2012

BAB I - ANALISA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) MENGGUNAKAN DRUPAL BERBASIS WEB PADA DIREKTORAT PENGEMBANGAN INDUSTRI PERFILMAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1           Latar Belakang Masalah
Dalam kondisi administrasi kepegawaian saat ini kurang maksimal dalam pencarian data seorang pegawai di Direktorat Pengembangan Industri Perfilman. Sulitnya mencari data seorang pegawai dikarenakan sistem kepegawaian yang terdapat pada Direktorat Pengembangan Industri Perfilman  masih berupa data file dan beberapa data yang tersimpan dalam format .doc dan .xls.
Untuk mempermudah dalam menangani tentang kepegawaian di Direktorat Pengembangan Industri Perfilman, dibutuhkan suatu sistem yang cepat, tepat dan akurat yang dapat berguna bagi tata usaha dan pegawai untuk mengetahui data dan informasi kepegawaian yang ada di dalam lingkungan Direktorat Pengembangan Industri Perfilman.
Karena sulitnya mencari informasi  secara cepat dan terbatasnya waktu pencarian yang harus dibuuhkan dalam mencari informasi tentang kepegawaian ini merupakan kendala yang harus dibuat solusinya.


1.2       Rumusan Masalah
Direktorat Pengembangan Industri Perfilman sebenarnya sudah memiliki Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Akan tetapi, dikarenakan terdapat perubahan struktur organisasi, Sistem Informasi  Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) ini belum dapat dipergunakan.
Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) yang terdapat di Direktorat Pengembangan Industri Perfilman saat ini adalah Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) ketika Direktorat Pengembangan Industri Perfilman masih bernama Direktorat Perfilman yang termasuk bagian dari Direktorat Jendaral Nilai Budaya, Seni dan Film.
Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) ini mencangkup data kepegawaian dari pegawai-pegawai yang terdapat pada Direktorat Jendaral Nilai Budaya,Seni dan Film. Akan tetapi, belum ada tindak lanjut dan pengarahan dari Direktorat Jendaral Nilai Budaya, Seni dan Film.
Sesuai dengan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dikaji dalam Laporan Kerja Praktek ini adalah:
Bagaimana menganalisa pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada Direktorat Pengembangan Industri Perfilman agar Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada Direktorat Pengembangan Industri Perfilman lebih terpusat pada data kepegawaian yang terdapat di Direktorat Pengembangan Industri Perfilman?
Laporan Kuliah Kerja Praktek ini diberi judul  “Analisa Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Menggunakan Drupal Berbasis Web Pada Direktorat Pengembangan Industri Perfilman”.

1.3       Batasan Masalah
            Agar dalam mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) ini dapat mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan, maka permasalahan yang ada dibatasi sebagai berikut :
1.                  Hanya sebatas kepegawaian pada Direktorat Pengembangan Industri Perfilman.
2.                  Hanya Sistem Informasi Manajemen Kepegawaiaan (SIMPEG) berbasis web.
3.                  Data yang akan diolah hanya meliputi Data Unit Kerja,Data Jabatan dan Data Pegawai yang terdiri dari Data Pribadi Pegawai, Data Keluarga Pegawai, Data Pendidikan Pegawai, Data Jabatan Pegawai, Data  Pangkat Pegawai, Data Diklat Pegawai, Data Penghargaan Pegawai , Data Gaji Pegawai, dan Data DP3 Pegawai.
Dengan adanya batasan masalah tersebut diharapkan agar jangan sampai menyimpang dari topik yang terdapat dalam laporan kerja praktek ini. Sedangkan hal lain yang ada hubungannya dengan masalah ini adalah sebagai pendukung saja, sehingga pembahasan yang ada semakin jelas.


1.4       Maksud dan Tujuan Penulisan
Maksud dan tujuan dari penulisan Laporan KKP ini adalah untuk menganalisa pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) berbasis Web menggunakan Drupal pada Direktorat Pengembangan Industri Perfilman agar dapat memperoleh sistem kepegawaian  yang lebih baik dari sistem yang telah ada.
1.5       Metode Penelitian
            Dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini menggunakan beberapa metode penelitian sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan,antara lain :
a)            Wawancara ( Interview )
Melakukan wawancara langsung dengan pihak Direktorat Pengembangan Industri Perfilman untuk mendapatkan data masukan guna menghasilkan hasil yang baik.
b)         Pengamatan Langsung ( Observation )
Melakukan pengamatan langsung pada Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada Direktorat Pengembangan Industri Perfilman untuk mempelajari sistem yang digunakan dan hal lain yang berhubungan dengan kepegawaian.
c)             Studi Kepustakaan ( Library Research )
Melakukan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara data-data tersebut diambil dan dikumpulkan dari buku-buku yang terkait dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek (KKP).

1.6       Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian pada Direktorat Pengembangan Industri Perfilman antara lain:
a)             Mengenal dan memahami struktur sistem kepegawaian pada Direktorat Pengembangan Industri Perfilman.
b)                 Mengetahui proses dalam kepegawaian.
c)                  Menambah wawasan tentang pembangunan sistem informasi.
d)     Bagi Direktorat Pengembangan Industri Perfilman, memperoleh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) yang dapat membantu dalam proses kepegawaian.

1.7       Sistematika Penulisan Laporan 
Bab 1: Pendahuluan
Pada bab ini akan diuraikankan mengenai Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Maksud danTujuan Penulisan, Metode Penelitian, Manfaat Penelitian dan Sistematika Penulisan  Laporan.
Bab 2: Landasan Teori
Pada bab ini diuraikan teori-teori yang berhubungan dengan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yang menjadi acuan dalam menjelaskan setiap permasalahan serta perangkat lunak yang mendukung dalam membuat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian.
Bab 3: Latar Belakang Perusahaan
Pada bab ini akan dipaparkan Sejarah Singkat ,Visi dan Misi serta Struktur Organisasi dan Fungsi dari berbagai Unit Kerja dan Jabatan yang berhubungan dengan  Direktorat Pengembangan Industri Perfilman.
Bab 4: Perancangan Sistem dan Implementasi
Isi dari bab ini adalah keseluruhan kegiatan selama melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Direktorat Pengembangan Industri Perfilman.
Bab 5: Penutup
Pada akhir laporan akan dipaparkan kesimpulan dari pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dan saran untuk perkembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG)  yang lebih baik di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar