Pages

Jumat, 09 November 2012

Lingkungan Eksternal Sistem


KOMUNIKASI EKSTERNAL
Komunikasi antara pimpinan organisasi [perusahaan] dengan khalayak audience di luar organisasi.


Setiap staf pada bagian manapun seharusnya :
# Relationship Oriented ! Networking ! sinergi
# Service Focused ! berpikir pada pelayanan
# Customer Commited ! mempunyai komitmen pd pelanggan
# Facilitative [media saluran/pendukung]
# Forward Thinking ! berpikir kedepan
# Value Added [nilai tambah ! selalu berusaha mengupdate kemampuan komunikasi]
# Team Driven [serba tim] and leaders [mampu tampil sebagai pemimpin]

HAMBATAN KOMUNIKASI
1. Hambatan Teknis
Keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi. Dari sisi teknologi, semakin berkurang dengan adanya temuan baru dibidang kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, sehingga saluran komunikasi dapat diandalkan dan efesien sebagai media komunikasi.

Menurut Cruden dan Sherman dalam bukunya Personel Management, 1976, jenis hambatan teknis dari komunikasi :
# Tidak adanya rencana atau prosedur kerja yang jelas
# Kurangnya informasi atau penjelasan
# Kurangnya ketrampilan membaca
# Pemilihan media [saluran] yang kurang tepat.

2.Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara secara efektif. Definisi semantik sebagai studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa.
Kata-kata membantu proses pertukaran timbal balik arti dan pengertian [komunikator dan komunikan], tetapi seringkali proses penafsirannya keliru. TIDAK ADANYA hubungan antara Simbol [kata] dan apa yang disimbolkan [arti atau penafsiran], dapat mengakibatkan kata yang dipakai ditafsirkan sangat berbeda dari apa yang dimaksudkan sebenarnya.
Untuk menghindari mis komunikasi semacam ini, seorang komunikator HARUS memilih kata-kata yang tepat sesuai dengan karakteristik komunikannya, dan melihat kemungkinan penafsiran terhadap kata-kata yang dipakainya.

3. Hambatan Manusiawi
Terjadi karena adanya faktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan alat-alat pancaindera seseorang, dll.

Menurut Cruden dan Sherman :
# Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia.
Perbedaan persepsi, perbedaan umur, perbedaan keadaan emosi, ketrampilan mendengarkan,
perbedaan status, pencairan informasi, penyaringan informasi.
# Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi.
Suasana iklim kerja dapat mempengaruhi sikap dan perilaku staf dan efektifitas komunikasi

Inovasi Teknologi


Era industrialisasi sudah berganti dengan era informasi. Paradigma dan praktik pendidikan untuk era informasi tentu berbeda dengan paradigma dan praktik-praktik untuk era industrialisasi. Laju informasi yang beredar sudah tidak bisa dikendalikan baik dari segi jumlah maupun jenis dan dampaknya bagi anak. Melalui berbagai media elektronik (televisi, internet dengan segala variannya), anak-anak diserbu oleh banjir informasi secara dahsyat. Sebagian informasi itu memang bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap ajnak. Namun sebagian lain justru bisa merusak anak karena mengandung banyak unsur yang tidak sesuai untuk konsumsi anak (misalnya kekerasan dan pornografi).

Maka dari itu, satu ketrampilan hidup yang amat penting dalam era ini adalah keterampilan mencari, menyaring, memilah, dan memanfaatkan informasi dengan benar dan membuang informasi yang tidak berguna dan merusak. Agar anak bisa memperoleh keterampilan ini, praktik-praktik di sekolah yang berdasarkan model pendiktean, penghafalan, indoktrinasi, dan deduksi sudah tidak sesuai zamannya. Anak perlu mendapat kesempatan untuk menjelajahi kehidupan melalui proses pencarian dan penemuan di sekolah. Sayang, pada kenyataannya, sekolah yang sudah mengadopsi paradigma yang sesuai era informasi masih amat sedikit.

Berkait dengan era informasi adalah teknologi. Pencarian, penyaringan, pemilahan, dan pemanfaatan informasi amat dipermudah dengan penggunaan teknologi komputer dan internet. Maka dari itu, penguasaan teknologi komputer dan internet merupakan salah satu keterampilan hidup yang amat penting. Siswa/mahasiswa perlu dikondisikan dan diberi kesempatan untuk menguasai keterampilan hidup ini. Beberapa sekolah dan Perguruan Tinggi terkemuka memang sudah melakukan antisipasi dan menyediakan sarana/prasarana teknologi informasi. Bahkan pemanfaatan teknologi informasi juga diintegrasikan dalam beberapa mata pelajaran/kuliah. Kurikulum didesain sedemikian rupa agar siswa/mahasiswa memanfaatkan jaringan internet untuk mengerjakan tugas-tugas kelas dan berinteraksi satu sama lain. Selain itu, manajemen lembaga pendidikan dan layanan untuk para siswa/mahasiswa dan orang tua juga didukung kecanggihan teknologi informasi. Pendaftaran, perwalian, dan penyimpanan porto folio bisa dilakukan melalui jaringan intranet.

Ketika segelintir sekolah sudah masuk arena persaingan global dengan memanfaatkan inovasi teknologi, sebagian besar sekolah di Indonesia justru masih amat jauh dari akses teknologi informasi. Prasarana komputer di kebanyakan sekolah masih amat minim bahkan tidak ada. Guru-guru pun masih belum mempunyai kesempatan atau keberanian untuk menggunakan teknologi komputer dan internet. Tentu saja kesenjangan dalam aksebilitas antara siswa-siswa dari sekolah mampu dengan siswa-siswa dari sekolah miskin akan mengarah kepada persaingan yang tidak seimbang antara anak-anak bangsa. Sekali lagi, tarik ulur antara keunggulan dan pemerataan merupakan isu serius dalam penyusunan kebijakan pendidikan dan perencanaan anggaran pendidikan.

Implikasi lain dari inovasi teknologi adalah batasan antara pendidikan formal, informal, dan nonformal secara nyata akan menjadi kabur. Secara positif, ada amat banyak situs yang menawarkan program atau modul pembelajaran yang bisa diakses anak dengan mudah. Ruang belajar anak tidak lagi dibatasi empat dinding ruang kelas. Proses pembelajaran di dunia maya – yang kadang juga dimanfaatkan di segelintir sekolah – tidak mengenal batasan formal dan nonformal. Beberapa situs menyajikan program amat bermutu bagi pengembangan berbagai kompetensi anak.

Sebaliknya, ketika anak sudah bisa mengakses dunia maya, segala yang ada di situ akan bisa diakses anak termasuk situs-situs yang tidak sesuai dan bisa merusak anak. Padahal tidak banyak guru dan orang tua yang menguasai teknologi informasi cukup baik atau tidak punya cukup waktu untuk bisa mendampingi anak dan memberi pengarahan dalam penjelajahan ke dunia maya. Akibatnya, anak-anak menjadi rentan terhadap berbagai dampak negatif dari penyalahgunaan teknologi informasi.

JENIS-JENIS SISTEM INFORMASI


Sistem informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan bisnis. Sistem informasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian (gambar 1) :

1. Transaction Processing Systems (TPS)

            TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Data yang dihasilkan oleh TPS dapat dilihat atau digunakan oleh manajer.

2. Office Automation Systems (OAS) dan Knowledge Work Systems (KWS)

            OAS dan KWS bekerja pada level knowledge. OAS mendukung pekerja data, yang biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data atau memanipulasikannya dengan cara-cara tertentu sebelum menyebarkannya secara keseluruhan dengan organisasi dan kadang-kadang diluar organisasi. Aspek-aspek OAS seperti word processing, spreadsheets, electronic scheduling, dan komunikasi melalui voice mail, email dan video conferencing.
KWS mendukung para pekerja profesional seperti ilmuwan, insinyur dan doktor dengan membantu menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikannya ke organisasi atau masyarakat.

3. Sistem Informasi Manajemen (SIM)

            SIM tidak menggantikan TPS , tetapi mendukung spektrum tugas-tugas organisasional yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. SIM menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat membatu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data).

4. Decision Support Systems (DSS)

            DSS hampir sama dengan SIM karena menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS bermula dari SIM karena menekankan pada fungsi mendukung pembuat keputusan diseluruh tahap-tahapnya, meskipun keputusan aktual tetap wewenang eksklusif pembuat keputusan.

5. Sistem Ahli (ES) dan Kecerdasan Buatan (AI)

            AI dimaksudkan untuk mengembangkan mesin-mesin yang berfungsi secara cerdas. Dua cara untuk melakukan riset AI adalah memahami bahasa alamiahnya dan menganalisis kemampuannya untuk berfikir melalui problem sampai kesimpulan logiknya. Sistem ahli menggunakan pendekatan-pendekatan pemikiran AI untuk menyelesaikan masalah serta memberikannya lewat pengguna bisnis. Sistem ahli (juga disebut knowledge-based systems) secara efektif menangkap dan menggunakan pengetahuanseorang ahli untuk menyelesaikan masalah yang dialami dalam suatu organisasi. Berbeda dengan DSS, DSS meningalkan keputusan terakhir bagi pembuat keputusan sedangkan sistem ahli menyeleksi solusi terbaik terhadap suatu masalah khusus. Komponen dasar sistem ahli adalah knowledge-base yaikni suatu mesin interferensi yang menghubungkan pengguna dengan sistem melalui pengolahan pertanyaan lewat bahasa terstruktur dan anatarmuka pengguna.

6. Group Decision Support Systems (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work Systems (CSCW)

            Bila kelompok, perlu bekerja bersama-sama untuk membuat keputusan semi-terstruktur dan tak terstruktur, maka group Decision support systems membuat suatu solusi. GDSS dimaksudkan untuk membawa kelompok bersama-sama menyelesaikan masalah dengan memberi bantuan dalam bentuk pendapat, kuesioner, konsultasi dan skenario. Kadang-kadang GDSS disebut dengan CSCW yang mencakup pendukung perangkat lunak yang disebut dengan “groupware” untuk kolaborasi tim melalui komputer yang terhubung dengan jaringan.

7. Executive Support Systems (ESS)

            ESS tergantung pada informasi yang dihasilkan TPS dan SIM dan ESS membantu eksekutif mengatur interaksinya dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa diakses seperti kantor.



Evolusi Perangkat Lunak


Definisi
Menurut Research Institute in Software Evolution:
The set of activities, both technical and managerial, that ensures that software continues to meet organizational and business objectives in a cost effective way.
Menurut Manny Lehman and Juan Ramil (2000):
All programming activity that is intended to generate a new software version from an earlier operational version.
Menurut Ned Chapin (1999):
The application of Software Maintenance activities and processes that generate a new operational software version with a changed customer-experienced functionality or properties from a prior operational version together with the associated quality assurance activities and processes, and with the management of the activities and processes.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa evolusi perangkat lunak adalah seluruh aktivitas dan proses baik teknis maupun manajerial yang bertujuan untuk menghasilkan versi perangkat lunak yang baru dari versi operasional sebelumnya sehingga perangkat lunak tersebut tetap mampu memenuhi kebutuhan bisnis dengan biaya yang efektif.

Pentingnya Evolusi Perangkat Lunak
  • Perusahaan akan memberikan investasi yang besar pada sistem perangkat lunak mereka karena merupakan aset bisnis yang vital.
  • Untuk mempertahankan nilai aset tersebut untuk bisnis, sistem perangkat lunak harus diubah dan diperbaharui.
  • Mayoritas anggaran perangkat lunak dalam perusahaan besar dikhususkan untuk memperbarui perangkat lunak yang telah ada daripada mengembangkan perangkat lunak baru.
Alasan Perangkat Lunak Berevolusi
  • Kebutuhan cenderung berevolusi ketika sistem sedang dikembangkan karena lingkungannya berubah. Oleh karena itu, sistem yang dikirim tidak akan memenuhi harapan pengguna.
  • Sistem terkait erat dengan lingkungannya. Bila sistem dipasang di suatu lingkungan, sistem itu mengubah lingkungan nya sehingga perubahan juga terjadi pada kebutuhan sistem.
Pendorong Perangkat Lunak Berevolusi
  • Faktor Eksternal
    • Lingkungan Sistem, meliputi:
      • Inovasi Kompetitor
      • Ancaman Keamanan
      • Meningkatnya Bandwith
      • Mobilitas
      • Legislasi (pengaruh dari pemerintah)
    • Perubahan Ekspektasi Pengguna, meliputi:
      • Fungsionalitas
      • Usability
      • Keandalan
      • Waktu Respon
  • Faktor Internal
    • Kebutuhan Sistem yang Berubah-Ubah
      • Peraturan dan Prosedur Perusahaan
      • Proses Bisnis
      • Pergantian Sasaran Pengguna
    • Kondisi Operasional
      • Perbaikan bug
      • Perangkat Keras Baru
      • Pengingkatan Fitur Umum
    • Waktu Hidup
      • Degradasi Performa
      • Teknologi Kuno
      • Kompleksitas Berkembang di Luar Perkiraan
Respon terhadap Pendorong Perangkat Lunak Berevolusi
  • Korektif: Perubahan pada perangkat lunak untuk memperbaiki error.
  • Adaptif: Perubahan pada perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan baru dari implementasi awal.
  • Perfektif: Perubahan pada perangkat lunak untuk meningkatkan beberapa aspek dari sistem.
  • Preventif: Perubahan pada perangkat lunak untuk mencegah penurunan beberapa kualitas sistem pada level yang tidak dapat diterima.
Distribusi Usaha Perubahan
Model Spiral Evolusi


Usaha perubahan yang dilakukan terhadap perangkat lunak terdistribusi sebagai berikut: 65% untuk penambahan dan pemodifikasian fungsionalitas, 18% untuk adaptasi perangkat lunak, dan 17% untuk perbaikan kesalahan.
Setelah kita membahas rekayasa perangkat lunak, kita sedikit mundur, untuk membahas evolusi perangkat lunak.  Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.  Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user.  Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi.   Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan.  Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun  1970 sampai awal tahun 1990.  Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat.  Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah.  Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.  TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.  Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini.  Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
Sumber :
Kristianto, Adi, 2004, Rekayasa Perangkat Lunak : KOnsep Dasar, Gava Media Yogyakarta
Davis, William S, 1983, Systems Analysis And Design : A Structural Approach, Addision Wesley Publishing Company
PRessman, Roger S 1982, Software Engineering : A Practitioner’s Aprroach, New York : MacGraw Hill COmpanies Inc

Evolusi Perangkat Keras



Evolusi Perkembangan Komputer hingga saat ini erat kaitannya dengan kemampuan dan kemajuan manusia yang selalu menggunakan  akal pikiran dan logika dalam kehidupannya sejak jaman pra sejarah. Manusia adalah mahluk homo sapiens yang sempurna penciptaannya walaupun saat ini banyak penemuan teknologi antariksa menyatakan manusia bukanlah mahluk cerdas satu-satunya di galaksi ini.

Pengolahan data telah dilakukan manusia sejak jaman dahulu, berpikir untuk menemukan peralatan-peralatan yang dapat mengolah data lebih cepat. Misalnya: anda salah satu dari ribuan juataan manusia yang memakai kalkulator  saku. Alat ini dapat melakukan perhitungan matematika, menghitung laba dsb. Namun itu terasa belum cukup dan manusia berusaha menemukan peralatan yang lebih canggih. Komputer  adalah jawabannya.. Komputer  telah dipakai disemua bidang kehidupan manusia. Ada baiknya kita mengetahui sejarah perkembangan dari komputer hingga saat ini.
Alat Komputer sebagai pengolah data mulai dari sederhana hingga sekarang dapat digolongkan dalam 4 (empat) golongan, yaitu:
  1. Alat manual (manual device), mempergunakan alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting.
  2. Alat mekanik (mechanical device), yaitu alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan.
  3. Alat  mekanik elektronik (electro-mechanical device), yaitu alat mekanik yang digerakkan dengan motor  elektronik.
  4. Alat elektronik, yaitu alat yang bekerja secara elektronik.

ALAT MANUAL
Adalah alat  sebagai pengolah data sudah digunakan oleh manusia jaman purba/primitif.
300.000 SM.   Tulang
Manusia purba sudah menggunakan tulang-tulang untuk mengingat dan berkomunikasi, seperti misalnya menghitung umur, mengukur jarak, dan sebagainya.
3000-14000 S.M    Petroglyphs
Ditemukan oleh Bangsa Barbara
5000-350 S.M           Tablet Tanah Liat
ditemukan di Timur Tengah Oleh Nenek Moyang Bangsa Sumeria 
2600 S.M       Tablet Tanah Liat dan Papyrus
2500 S.M       Abacus
1900 S.M   Batu Terstruktur  (Stohenge)
1200 S.M   Tali Bersimpul (Quipus)
Ditemukan oleh nenek moyang bangsa Peru.
1150.  Kertas
Digunakan pertama kali oleh bangsa Moors di Spanyol untuk mencatat.
1614.  Napier`s Bones
John Napiers Ahli Matematika Jerman  menciptakan alat dari tulang untuk  perhitungan perkalian. Dia adalah penemu perhitungan Logarithma.

1621. Oughtreds Slide Rule
Ahli Matematika Inggris William Oughteds (1575-1660) membuat  alat yang dinamakan Oughtreds Slide Rule, dengan cara menggeser Mistar pada posisi tertentu.


PERKEMBANGAN ALAT MEKANIK
Sejarah perkembangan perangkat keras Komputer berawal dari Penggunakan alat mekanik memakai tangan mulai digunakan pada tahun 1623.

1642. Mesin Penghitung Otomatis yang Pertama
Blaise Pascal (1623-1662) ahli Matematika dan Filsafat dari Prancis menciptakan pertama kali alat perhitungan dengan mesin secara mekanik. Alat tersebut  diberi nama Pascals Machine Arithmetique yang dikenal juga dengan nama The Pascaline.
1666. Mesin Pengali yang Pertama
Sir Samuel Morland (1625-1695)., menemukan mesin  yang  bisa melakukan perkalian (X) , penambahan (+), Pengurangan (-) dan pembagian (: ) yang pertama tapi tidak otomatis seperti The Pascaline.

1673. Leibnitz`s Calculating Machine
Gottfried Wilhem Von Leibnitz (1646-1716), Seorang  ahli matematika  dan filsafat Jerman mengembangkan mesin yang dibuat oleh Pascal.

1777. Mesin Logika yang Pertama
Charles Mahon (1753-1816), menciptakan suatu mesin berukuran saku yang disebut dengan nama Logic Demonstrator. Mesin ini dapat memecahkan problema numerik bentk logika dan juga masalah-masalah probabilitas, alat ini dianggap sebagai dasar komputer yang mempunyai kemampuan logika serta dapat mengambil keputusan.

1804. Mesin Kartu yang pertama, Joseph Marie Jacquard (1752-1834).
1820.  Mesin Penghitung Komersil Sukses yang Pertama
Charles Thomas De Colmar (1785-1870). Membuat mesin hitung komersil  disebut De Colmar Arithnomoter yang pertama dipakai secara komersial dan sukses dan memenangkan medali International Exhibition di London tahun 1862.

1822.    Babbage`s Difference Engine
Charles  Babbages (1791-1871) Ahli matematika dari Cambridge University Inggris diilhami dari Charles Mahon Logic Machine, menciptakan alat yang disebut dengan Babbage`s Difference  Engine , mesin ini belum sempat diselesaikan.

1850. Mesin Penghitung dengan Keyboard yang Pertama
D.D. Parmalee  dari Amerika membuat mesin hitung yang menggunakan Keyboard.

1854. Aljabar Boolean yang Pertama
George S. Boole (1815-1864). Ahli logika dari Inggris dalam bukunya The Law of Thought yang dipublikasikan tahun 1854, menyatakan logika di dalam simbol-simbol matematika yang didasarkan pada 3 (tiga) operasi Logika AND, OR, NOT. Teorinya sekarang mendasari cara kerja sircuit komputer.

1868. The Adder
Webb dari Amerika Serikat menciptakan mesin dengan nama The Adder, yang berukuran saku tetapi hanya bisa melakukan perhitungan penambahan saja.

1869. Mesin Logika aljabar Boolean yang Pertama
Willian Jevons (1835-1882) melihat bahwa logika aljabar Boolean merupakan penemuan yang besar , dia menciptakan mesin  yang bisa memecahkan masalah-masalah rumit dengan prinsip aljabar boolean.

1872. The Baldwin
Frank S. Baldwin mulai memproduksi mesin hitung di Amerika Serikat.

1874. Odhner`s Adding Machine (mesin hitung)
W. T. Odhner dari Swedia membuat mesin hitung yang prinsip cara kerjanya sama dengan yang dibuat Frank S. Baldwin. Mesin ini banyak digunakan sampai ditemukannya komputer hingga sekitar tahun 1960-an.

1879. Mesin Pencatat Kas yang Pertama
James Ritty dari Ohio membuat Cash Register dan sukses dipasarkan  pada tahun 1884 oleh John H. Patterson dengan perusahannya National Cash Register Company.

1884. Mesin Penghitung dengan Alat Cetak yang Pertama.
William  S. Burrough (1857-1898) dari Amerika, seorang pegawai Bank membuat mesin hitung yang dilengkapi alat cetak. Mesin ini diberi nama Burrough Adding And Listing Machine di patenkan pada 1888 dipasarkan pada 1891.

1885.  Macaroni Box
Dorr Eugene Felt dari Amerika membuat mesin hitung yang terkenal dengan nama Macaroni Box karena dibuat dari kayu macaroni.

1887. The First Comptometer
Kesuksesan dari Macaroni Box membuar Dorr Eugene Felt mengembangkan mesinnya lagi diberi nama The First Comptometer, dua tahun kemudian ditambahkan alat pencetak pada mesin tersebut.
1893. Mesin Penghitung Scientific yang Pertama
Otto Steiger (1858-1922) dari Zurich Jerman mengembangkan alat mesin hitung saintifik  diberi nama Millionaire yang pertama dan sukses dipasaran. Antara tahun 1894 sampai dengan 1935 sejumlah 4655 buah mesin tersebut terjual

1911.  Monroe Calculator
Jay Monroe dan Frank S. Baldwin mengembangkan  mesin hitung dengan nama Monroe Calculator yang bayak digunakan sebagai alat hitung pekerjaan bisnis pada saat itu.


ALAT MEKANIK ELEKTRONIK
PERKEMBANGAN SELANJUTNYA DARI PERANGKAT KERAS SETELAH ALAT MEKANIK ADALAH ALAT MEKANIK YANG BEKERJA SECARA ELEKTRONIK SUPAYA LEBIH OTOMATIS.

1890. Mesin Tabulasi Kartu Plong Mekanik-Elektronik yang Pertama
Tahun 1890 seorang ahli statistik asal Buffalo NewYork, Amerika Dr. Herman Hollerith (1860-1929) bekerjasama dengan Biro Sensus Amerika membuat mesin hitung untuk sensus penduduk Amerika.

1920. Mesin Penghitung Otomatis yang Pertama
Leonardo Torres Y. Quevedo (1852-1936) dari Spanyol menciptakan  mesin hitung otomatis yang pertama, permasalah Arithmetika diketik lewat satu mesin ketik dan mesin penghitung ini secara otomatis  menyebabkan mesin ketik mengetik ulang kembali hasil penyelesaiannya. Dia juga waktu itu membuat mesin permainan Catur. 

1931. Komputer Analog yang Pertama
Dr. Vannebar Bush (1890-1974)  di MIT membuat Komputer analog  pertama untuk memecahkan persolaan persamaan differensial. Mesin ini dinamakan Differensial Analyzer.

1938. Mesin Hitung Mekanik-Elektronik yang Pertama
George R. Stibitz menggunakan sirkuit mekanik-elektronik di Bell Laboratories untuk membuat Complex Calculator 1. Mesin ini dikendalikan lewat keyboard untuk perhitungan teknik.

1942. Komputer Digital Elektronik yang Pertama.
John. V. Atanasoff, Profesor Matematika di IOWA State College dengan asistennya Clifford Berry. Mengembangkan komputer ABC (Atanasoff Berry Computer). Merupakan komputer pertama yang menggunakan komponen tabung hampa udara. Dibuat tahun 1939 selesai tahun 1942.

1944. Harvard Mark I ASCC
Professor Howard Aiken (1900-1973), ahli matematika dari Harvard University bekerjasama dengan peneliti, membuat komputer yang mampu melakukan operasi Arithmetika dan Logika secara otomatis.
1946-1959. KOMPUTER GENERASI (1) PERTAMA
Ciri-ciri khas komputer generasi pertama adalah :
  1. Komponen yang digunakan Tabung hampa udara (Vacuum tube)
  2. Program dibuat dalam bahasa mesin.
  3. Menggunakan konsep stored program
  4. Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
  5. Ukuran pisik komputer besar perlu ruangan.
  6. Cepat panas hingga perlu pendingin
  7. Prosesnya kurang cepat
  8. Simpanannya kecil
  9. Butuh daya listrik yang besar
  10. Orientasinya pada aplikasi bisnis 

1946.  Komputer Generasi  I yang Pertama
Dr. John W. Mauchly (1907-1979) dan J. Presper Eckert (lahir 1919) membuat Komputer generasi pertama disebut ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) yang  Dibuat tahun 1942, di Moore School Engineering di University of Pennsylvania. Tujuan utama ENIAC adalah untuk membantu Amerika menghitung target sasaran bom, karena pada perang dunia ke-2 hanya 30% bom yang mencapai sasaran dalam radius 300 meter dari targetnya.

1947.  Harvard Mark II
Bulan Juli 1947 dbuat komputer Harvard Mark II yang mempunyai kemampuan 12 kali lebih besar dari Harvard Mark I.
1947.  Transistor yang Pertama
Dr. John Bardeen (lahir 1908), Dr. Walther H. Brattain (lahir 1902) dan Dr. William Scokley (lahir 1910) di Bell Laboratories menemukan transistor yang merupakan cikal bakal komponen komputer generasi ke 2

1949. Komputer yang Sepenuhnya Stored Program yang Pertama
Dimulai tahun 1940 oleh ahli matematika terkenal John Von Neumann (1903-1957) bersama H.H Goldstine dan A.W Burks, selesai pada Mei 1949 di Cambridge University Komputer dengan nama EDSAC (Electronik Delayed Storage Automatic Computer) merupakan komputer pertama yang memakai stored program.

1949. Harvard Mark  III
September 1949 Harvard Mark III selesai dibuat dengan menggunakan memori drum magnetik (magnetic drum). Bentuknya mirip dengan Harvard Mark II.

1950. Komputer Digital Ukuran Besar di Inggris yang Pertama
Alan M. Turing (1912-1945) di National Physical Laboratory, London selesai membuat komputer dengan nama ACE (Automatic Calculating Engine) dibuat mulai tahun 1945, komputer ini juga membuat kartu plong standar untuk input dan outputnya.

1950. SEC (Simple Electronic Computer)
Dibuat di Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College University of London. Konstruksi dari komputer SEC menggunakan drum magnetic sebagai memori penyimpanannya.

1951.  Komputer Komersil di Inggris yang Pertama
Tahun 1951 Di Inggris di produksi komputer dengan nama LEO (Lyon Electronic Office)

1951. UNIVAC, Komputer yang Menggunakan Pita Magnetik yang Pertama
Dibuat pada Maret 1951 oleh perusahaan Sperry Rand Corporation menghasilkan komputer UNIVAC I  (Universal Automatic Computer-I ). Komputer ini merupakan komputer komersil yang pertama dijual untuk aplikasi bisnis pada perusahaan General Electric. Di Louisville Kentucky USA. Sebanyak 48 komputer UNIVAC I dipasang dan dipakai.

1952. Komputer sepenuhnya Stored Program di Amerika yang Pertama
Dibuat di Moore School of Electric Engineering dengan nama EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang menggunakan stored program, Bentuk lebih kecil tapi punya kemampuan lebih besar dari EDSAC.

1952. Komputer yang Menggunakan Core Memory yang Pertama.
Dibuat oleh Dr. Jay W.Forester (lahir 1918) di Massachusetts Institute of Technology, komputer dengan nama Whirlwind I merupakan komputer yang memakai magnetic core memory.

1952.  IBM 701
IBM memproduksi komputer IBM 701 yang merupakan komputer komersial berukuran besar.

1954.  Komputer Komersial Generasi Pertama Paling Populer
IBM memproduksi komputer IBM 650, merupakan komputer yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer populer masa itu, menggunakan magnetic drum untuk simpanan luar dan alat input output kartu plong.

1956. Komputer yg Menggunakan Simpanan Luar dengan Akses Random yang Pertama Paling Populer
IBM RAMAC 305 (Random Access Methods Acounting and Control) merupakan komputer pertama yang memungkinkan file disimpan di disk dengan akses secara random. Menggunakan 50 disk magnetic yang dapat menyimpan 5 juta karakter dengan waktu akses untuk mencari record tertentu lebih kurang 1 detik saja.

1959.  IBM 705
IBM 705 dibuat menggantikan IBM 701, IBM 705 telah memantapkan industri pengolahan data.

1959-1964 KOMPUTER GENERASI KE 2 (Dua)
Ciri-ciri Komputer generasi ke-2 (dua):
  1. Komponen yang dipakai adalah transistor untuk circuitnya.
  2. Program dibuat dengan bahasaa tingkat tinggi.
  3. Kapasitas memori sudah besar dengan menggunakan magnetic core storage.
  4. Simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack.
  5. Kemampuan proses real time dan time sharing
  6. Ukuran pisik komputer lebih kecil dibanding generasi yang pertama.
  7. Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per detik.
  8. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
  9. Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik.

1959. PDP-1
Perusahaan DEC (Digital Equipment Corporation) mendemonstrasikan komputer PDP-1, komputer lainnya adalah Honeywell 400 pada tahun 1959.

1961. Virtual Memori yang Pertama
Metode Virtual memory diusulkan oleh suatu grup  di Manchester London dan kira-kira mulai awal tahun 1970 banyak komputer  yang menerapkannya.

1963. Komputer Mini Komersial yang Pertama
Perusahaan DEC mulai menjual komputer  mini yang pertama yaitu PDP-5 yang kemudian diikuti komputer PDP-8, PDP-8 dianggap komputer mini komersil yang pertama karena harganya sebesar $.18.000 cukup terjangkau untuk dunia bisnis saat itu.
Komputer-komputer generasi ke 2 lainnya adalah :
      UNIVAC-III, UNIVAC-SS80, UNIVAC-SS90, UNIVAC-1107 (dibuat Sperry Rand-UNIVAC).
      Burroghs-200 (Dibuat pabrik Burroghs)
      IBM-7070, IBM-1400, IBM-1600 (dibuat pabrik IBM)
      NRC-300 (dibuat pabrik National Cash Register)
      Honeywell-400, Honeywell-800 (dibuat pabrik Honeywell)
      CDC-1604, CDC-160A (dibuat pabrik Control Data Corporation).
      GE-635 GE-645, GE-200 (dibuat pabrik General Electric)

1964-1970   KOMPUTER GENERASI KE 3 (Tiga)
Ciri-ciri dari komputer generasi ke 3 adalah:
  1. Dipergunakannya IC (Integrated Circuit)
  2. Peningkatan pada softwarenya
  3. Lebih cepat, lebih tepat 10000 kali lipat dari komputer generasi pertama.
  4. Kapasitas memori lebih besar.
  5. Menggunakan simpanan luar yang sifatnya random access, yaitu disk magnetik berkapasitas besar.
  6. Penggunaan daya listrik lebih hemat.
  7. Memungkinkan melakukan Multiprocessing, yaitu memproses data berbeda dalam waktu bersamaan.
  8. Pengembangan Input Output yang menggunakan Visual display terminal dapat menampilkan gambar dan grafik.
  9. Harga lebih murah dibanding komputer generasi sebelumnya.
  10. Kemampuan komunikasi data dari satu komputer ke komputer lainnya.

1964. Komputer Generasi Ke 3 yang Pertama
7 april 1964, IBM mengumumkan sebuah komputer baru, yaitu IBM s/360 atau IBM system360. Menggunakan komponen IC dan mampu melakukan operasi lingkaran penuh 360 derajat, maksudnya daat melakukan aplikasi bisnis dan teknik. IBM s360 terjual sebanyak 33000 unit pada tahun 1964. perkembangan komputer begitu pesat hingga disebut awal komputer generasi ke 3.

1969. Komputer Mini 16 Bit Pertama
Komputer mini pertama kali dipasarkan pada tahun 1969 dengan nama Nova yang dikembangkan tahun 1968 oleh Perusahaan Data General Corporation.
Komputer  generasi ke-3 lainnya adalah:
  • UNIVAC-1108, UNIVAC-9000 (pabrik Sperry Rand Univac)
  • Burroghs-5700, Burroghs-6700, Burroghs-7700 (pabrik Burroghs)
  • NCR seri Century (pabrik National Cash Register)
  • GE-600, GE-235 (pabrik General electric)
  • CDC-3000, CDC 6000, CDC 7000 (pabrik pembuat control data corporation)
  • PDP-8, PDP-11 (pabrik Digital Equipment Corporation)

1970 -> Sekarang  Komputer Generasi Ke4 (empat)
IBM 370 telah menggunakan LSI yang merupakan komputer  generasi ke 4 yang pertama.

1971. Microprocessor yang Pertama
Ahli-ahli teknik di perusahaan Intel Corporation telah berhasil mengembangkan chip miroprocessor yang disebut dengan 4004. Perusahaan Intel menyebut 4004 sebagai Microprogramic computer on a chip.

1974. Komputer Mikro Komersial yang Pertama
Perusahaan MITS (Micro Instrumentation and Telemetry System) memproduksi komputer Micro Altair yang dijual komersial pertama dalam bentuk Kit dengan harga $.400. komputer mikro ini menggunakan 8080 microprocessor buatan perusahaan Intel

1975. Komputer Super Komersial yang Pertama
Komputer ini dinamakan Cray-1 yang dikirim dari Alamos National Laboratories yang merupakan komputer super komersial yang pertama.

1977. Local Area Network (LAN) yang Pertama
Perusahaan Datapoint Corporation mengumumkan ARCNET yang merupakan Local Area Network yang pertama. LAN adalah jaringan koneksi antara satu komputer dengan komputer yang lainnya yang dihubungkan dengan kabel dalam satu area / wilayah.

1977. Personal Komputer (PC) yang Pertama.
Sejak tahun 1977 perkembangan komputer mikro merupakan kemajuan penting dalam dunia komputer, sejak saat itu komputer  sudah berbentuk lebih kecil dari sebelumnya dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat luas, sehingga disebut dengan Personal Computer (PC) hingga saat ini.

1981. Komputer Sistem Window dan Menggunakan Mouse yang Pertama.
Xerox Corporation memperkenalkan komputer diatas meja (desktop  computer) yang dapat menampilkan beberapa bentuk layar sekaligus dalam bentuk jendela (window) dan memakai alat mouse yang pertama. Komputer ini dinamakan Xerox Star

1981. Komputer IBM PC yang Pertama
Tahun 1981, IBM memperkenalkan komputer mikro yang disebut dengan PC IBM. Komputer ini sukses besar  dipasaran  hingga akhir tahun 1982 sudah 835.000 IBM PC terjual. IBM PC pertama yang diperkenalkan ini diberi seri XT sehingga dikenal dengan IBM PC/XT. Dengan spesifikasi Microprosessor  Intel 8088 speed 8 Mhz, RAM 128 KB s/d. 640 KB, Hardisk 10 MB dan 5 ¼” disket kapasitas 360 KB. Sistem operasi yang digunakan adalah MS-DOS dan PC-DOS.

1984. Komputer IBM PC/AT
IBM PC/AT (advance technology) adalah seri kelanjutan dari IBM PC/XT. Spesifikasi dari IBM PC/AT  menggunakan microprocessor Intel 80286 dengan Speed 8 Mhz, RAM 256 KB s/d. 3 MB, Harddisk kapasitas 20 MB, diskette 5 ¼” kapasitas 1,2 MB dan menggunakan sistem operasi PC-DOS dan MS-DOS.

1984. Macintosh dan GUI Pertama
Perusahaan komputer Apple memperkenalkan komputer yang diberi nama Apple Macintosh tahun 1984, komputer ini menjadi terkenal karena mudah digunakan siapa saja (user friendly), kemudahannya karena menggunakan konsep GUI (graphical User Interface). Konsep GUI menggunakan Interface WIMP (windows, icons, menus, and pointing device)

1987. IBM PS/2
IBM PS/2 model 30 dikenalkan tahun 1987  menggunakan microprocessor  8086 dengan kecepatan 10 Mhz. komputer ini adalah model 50 yang menggunakan intel 80286

1988. IBM PC/386 Komputer 32 Bit yang Pertama
Seri selanjutnya dari IBM PC/AT adalah IBM PC/386 yang  menggunakan microprocessor Intel 80386 dengan Speed 16 s/d. 33 Mhz. IBM PS/2 model 60 menggunakan Intel 80386 yang merupakan komputer 32-Bit yang pertama.

1990-1991. IBM PC/486
Tahun 1990 Selanjutnya IBM mengembangkan lagi IBM PC/386 menjadi IBM PC/486 dan tahun 1991 IBM PC/486-DX4 dengan speed 25 Mhz s/d. 66 Mhz.

Abad Millenium (2000-Sekarang) KOMPUTER GENERASI KE-5 (lima)
Komputer generasi kelima pada saat ini sedang dalam pengembangan terus. Jepang adalah negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi ke-5 saat ini didirikan lembaga ICOT (institute for New Computer Technology), inovasi terbaru adalah komputer bisa menterjemahkan bahasa manusia, komputer bisa bicara dengan manusia, mendiagnosa penyakit, memprediksi gejala alam, pengukuran astronomi, dan lain sebagainya.
Ramalan para ahli-ahli dunia mengatakan bahwa komputer masa depan akan dapat berdiri sendiri dan berpikir sendiri (robot) bahkan bisa menyerupai manusia. Ilmuwan komputer mengatakan satu saat nanti akan tercipta komponen yang disebut Biochip yang terbuat dari bahan protein sintetis


Sumber: